Monday, July 2, 2012
Berlangganan

BITTERBALEN TUNA

BITTERBALEN TUNA - Hallo sahabat Resep, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul BITTERBALEN TUNA, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Gorengan, Artikel snack, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : BITTERBALEN TUNA
link : BITTERBALEN TUNA

Baca juga


BITTERBALEN TUNA


Kesampaian juga bikin bitterbalen lagi, setelah mengalahkan rasa malas yang kayanya susah banget untuk pergi ^_^. Saking pengennya sarapan dengan bitterbalen, dibelain buat ketika terbangun jam 11 malam. Bikin adonan dan memberi panir kemudian langsung masuk kulkas untuk digoreng pagi harinya xixixixi.

Kalau dulu membuat bitterbalen dengan isian daging giling atau ayam giling, kali ini pengen bikin dengan isian tuna. Menurut cerita seorang sahabatku, di Medan ada sebuah resto yang terkenal sekali dengan bitterbalen dan es krimnya, yaitu Tiptop. Nah..bitterbalen disana konon memakai isian tuna. 
Karena kebetulan punya stok tuna kaleng di rumah, jadinya pakai itu aja deh. Namanya juga mendadak niat bikin, jadi gak ada persiapan beli tuna segar sebelumnya. Lebih baik pakai tuna yang segar aja ya, diambil filletnya dan dihaluskan, pasti lebih enak deh. Berikut ini resepnya

BITTERBALEN TUNA

Bahan :
100 gr margarin
150 gr tepung terigu serbaguna
1 bawang bombay,cincang halus
200 gr daging tuna giling --> tumis (aku pakai tuna kalengan)
350 ml susu cair
garam, merica dan gula secukupnya.
1 batang daun bawang
minyak untuk menggoreng

Bahan pelapis :
100 gr tepung roti
2 butir telur kocok lepas

Cara Membuat :
- Panaskan margarin, tumis bawang bombay hingga harum dan layu.
- Masukkan tepung terigu, aduk hingga rata.
- Tuang susu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata dan kental.
- Masukkan tuna, aduk rata. Bumbui dengan garam, merica dan sedikit gula hingga rasanya pas.
- Masukkan daun bawang, aduk rata dan angkat.
- Setelah adonan hangat, bulatkan adonan, gulingkan di atas tepung roti kemudian celupkan di telur kocok. Gulingkan lagi di tepung roti hingga tertutup seluruh permukaannya.
- Masukkan ke dalam kulkas agar tepung roti menempel dengan baik dan siap digoreng dengan deep frying atau dengan memakai minyak yang banyak.


Ternyata enaaak juga pakai isian tuna, apalagi kalau pake tuna yang segar ya, bukan tuna kalengan, pastinya lebih enak lagi. Dinikmati dengan saus mayonaise enak, dengan saus tomat aja juga cocok. Kalau aku sih dengan saus sambel belibis :D


Renyah di luar, lembut di dalamnya. Yuk dicoba di rumah, sapa tau bisa jadi salah satu snack favorit keluarga ^_^