Tuesday, June 19, 2012
Berlangganan

OMBRE CAKE (STEAMED)

OMBRE CAKE (STEAMED) - Hallo sahabat Resep, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul OMBRE CAKE (STEAMED), kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Cake, Artikel Decorated, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : OMBRE CAKE (STEAMED)
link : OMBRE CAKE (STEAMED)

Baca juga


OMBRE CAKE (STEAMED)


My first Ombre Cake yang berantakan >.<  Penasaran banget pengen bisa cake yang satu ini, percaya gak sampai kebawa mimpi lho bikin ombre cake sendiri xixixixi. Sampai segitunya ya. Ombre Cake sendiri adalah cake yang sedang booming belakangan ini. Seperti halnya Rainbow, Ombre juga berlayer-layer. Dalam bahasa Prancis, Ombre artinya adalah gradasi. Jadi Ombre Cake adalah cake dengan gradasi warna mulai dari warna muda hingga warna yang tua. Berbagai pilihan warna bisa dipilih untuk menghasilkan Ombre Cake yang cantik. Untuk proses pewarnaannya menurutku memang lebih sulit dibandingkan dengan Rainbow Cake, karena memang butuh kejelian untuk menghasilkan gradasi warna yang cantik.

Seperti halnya Rainbow Cake, untuk membuat Ombre kita bisa memakai resep cake sesuai selera kita, baik itu yang oven / bake ataupun kukus / steam. Untuk yang oven, kita bisa memakai cake dengan buttercake method ataupun cake dengan resepe spongecake method. Sependek pengetahuanku, untuk buttercake  maka adonannya bisa menunggu untuk bergiliran masuk oven. Sedangkan untuk spongecake juga masih bisa menunggu asalkan jangan terlalu lama ya. CMIIW. 
Karena Ombre Cake ini adalah proyek dadakan, maka udah gak sempat cari-cari resep lagi deh. Tadinya mau bikin dengan base buttercake, tapi malas untuk googling lagi. Untuk spongecake aku hanya hafal resep NCC, tapi karena udah malam takut kelamaan kalau bikin yang versi oven. Ya udah lah pakai resep steamed rainbow cake yang dulu pernah kuposting disini ya. Karena udah kemalaman pula aku hanya membuat 4 layer saja. Semakin banyak layer tentunya akan semakin cantik lho.

Resep kutuliskan lagi disini ya...

OMBRE CAKE (STEAMED) 
adapted from RC Ani Lizzarni & Wanti

Bahan :
8 butir telur suhu ruang
325 gr gula pasir (bisa ditambahkan hingga 350 gr kalau suka manis)
1 sdm emulsifier (optional)
280 gr tepung terigu protein sedang
1 sdt vanilla
300 ml minyak sayur kualitas baik
pewarna makanan

Filling :
Buttercream, keju cheddar parut

Cara Membuat :
- Timbang bowl lalu dicatat, siapkan 4 loyang (aku memakai loyang bulat diameter 20 cm). Oles tipis  margarin, alasi dengan kertas roti dan oles margarin kembali. Sisihkan.
- Panaskan kukusan hingga uap airnya cukup banyak.
- Kocok telur dan gula dalam bowl yang sudah ditimbang. Kocok hingga mengembang dan kental
- Masukkan terigu dan vanilla susu yang sudah diayak. Aduk rata.
- Masukkan minyak sayur sedikit demi sedikit dan aduk balik hingga rata. Jangan sampai ada sisa minyak yang masih mengendap di dasar bowl.
- Timbang bowl beserta adonannya kemudian kurangi berat bowl untuk mendapatkan berat adonannya. Bagi 4 adonan sama rata (berat adonan dibagi4), lalu masing-masing diberi warna dengan menggunakan takaran tetes untuk mendapatkan gradasi warna yang diinginkan.
- Kukus  masing-masing warna selama kurang lebih 15 menit hingga matang dengan api kecil, angkat lalu dinginkan.

Penyelesaian :
- Ambil selembar cake (bisa dimulai dengan warna yang lebih tua atau yang lebih muda dahulu). Oles dengan buttercream dan taburi keju cheddar parut.
- Tumpuk dengan cake dengan warna setingkat diatasnya, oles buttercream kembali dan taburi keju cheddar parut.
- Lakukan hingga cake terakhir dan hias sesuai selera.

Untuk Ombre Cake pertamaku ini, bisa dibilang aku gagal lho membuat gradasi warnanya. Gak cantik sama sekali warnanya T_T. It's oke ya...semoga ntar bisa lebih cantik lagi warna cake-nya. Nih lihat deh gradasi warna yang kubuat >.<


Hfff....menurutku memang susah deh bikin Ombre Cake ini, tapi justru itu yang bikin penasaran untuk coba bikin lagi dengan warna-warna lain xixixixixi. Jadi harus tetap semangat ya kalau apa yang kita buat belum sesuai dengan yang kita harapkan ^_^.

Untuk dekornya aku memakai buttercream lembut yang dibuat gradasi juga dan dispuit bentuk swirl. Selain buttercream bisa menggunakan cream cheese frosting atau whipcream kocok untuk covernya ya. Walau dekornya masih berantakan banget, tapi aku suka deh bikin gradasi warna buttercreamnya. Apalagi sambil dekor bisa sesekali ngicipin buttercream yang lembuuut dan enak ini xixixixi. Ngicipin tapi kok bolak balik ya. Untuk dekor yang full buttercream seperti buatanku ini, tentunya harus bikin buttercream yang enak donk. Nah...kalau aku sendiri sudah cocok banget dengan resep buttercream ITaRa. Rasanya seperti es krim lho, lembut walau tanpa penggunaan soft cream. Kebetulan di kotaku gak ada yang jual soft cream, jadi resep buttercream ini benar-benar jadi andalanku deh. Resepnya buttercream ala ITaRa sendiri dulu sudah pernah kuposting disini, tapi kali ini aku tulis kembali yang tanpa penggunaan soft cream ya...

BUTTERCREAM
source : Dapur Dida

Bahan :
500 gr shortening / mentega putih kualitas baik (bisa pakai yang lokal atau import atau boleh juga dimix keduanya)
1 kaleng susu kental manis (aku pakai Frisian Flag Gold)
100 gr whipcream bubuk + 150 ml air matang suhu ruang ---> aduk rata
(atau bisa juga pakai 250 gr whipcream cair)
1 sdt vanilla susu (aku pakai L'Arome)

Cara Membuat :
- Mixer mentega putih dengan kecepatan sedang sampai agak lembut (kurleb 10-15 menit).
- Masukkan campuran whipcream sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga rata.
- Masukkan susu kental manis sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga rata.
- Kocok terus hingga lembut dan tidak terasa ngendal di lidah. Masukkan vanilla susu. Kocok rata.
- Turunkan kecepatan mixer menjadi speed 1 lalu kocok lagi selama kurang lebih 5 menit. Matikan mixer.
- Aduk buttercream yang sudah jadi dengan sendok kayu sampai rata dan tidak ada gelembung udara agar buttercream mulus dan cantik saat digunakan.

Note :
Apabila dirasa kurang manis, bisa ditambahkan simple sirup atau SKM sedikit lagi hingga tingkat kemanisan yang diinginkan.
Apabila ingin buttercream yang lebih creamy bisa ditambahkan 2 sdm susu bubuk full cream.

Untuk dekor pada Ombre Cake yang full buttercream ini, aku tidak menambahkan lagi susu kental manis, karena kurasa sudah pas rasa manisnya. Jadi sesuai selera aja ya.

Masih kurang puas dengan Ombre Cake pertamaku ini, next time better ya. Pengen bikin yang versi oven dengan cream cheese frosting...aduuuh pasti enak banget deh.