Wednesday, June 27, 2012
Berlangganan

AYAM LODHO

AYAM LODHO - Hallo sahabat Resep, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul AYAM LODHO, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Ayam, Artikel Daily Menu, Artikel Masakan Tradisional, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : AYAM LODHO
link : AYAM LODHO

Baca juga


AYAM LODHO


Ayam lodho adalah salah 1 masakan tradisional yang berasal dari Tulungagung, ada juga yang menyebutnya sebagai khas Trenggalek. Ayam lodho ini mirip dengan opor ayam, tapi cita rasanya pedas. Kalau gak pedas berarti bukan ayam lodho ^_^. Ayam lodho biasa diolah dengan menggunakan ayam kampung, karena rasanya akan lebih gurih dan enak. Dalam penyajiannya biasanya ayam lodho didampingi dengan urap-urap. Kebayang kan gimana enaknya.

Kebetulan hari ini pengen banget makan ayam lodho, tapi gak punya ayam kampung, di kulkas cuma ada ayam negeri. Gak apa deh, tetap nekad aja pakai ayam negeri, namanya juga lagi kepengen. Sayangnya lodho yang kubuat ini terlalu kuning warnanya, tapi kalau soal rasa sudah sesuai dengan selera. Pedasnya mantaaap. Yuk coba bikin sendiri...

AYAM LODHO

Bahan :
1 ekor ayam kampung, belah atau potong menjadi 4 bagian (aku pakai ayam  negeri)
1 butir kelapa, parut dan ambil santannya menjadi 300 ml santan kental dan 500 ml santan encer
3 cm lengkuas, iris kasar
3 lembar daun jeruk
3 lembar daun salam
15 cabe rawit
1 sdm minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
12 butir bawang merah
10 siung bawang putih
4 cm kunyit
4 cm jahe
2 cm kencur
2 cabe keriting rebus
1-2 sdt garam
1 sdm merica butiran

Cara Membuat :
- Lumuri ayam dengan garam, kemudian bakar di atas bara api hingga setengah matang. Angkat dan sisihkan.
- Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan lengkuas, daun jeruk dan daun salam. Aduk rata hingga matang dan  harum.
- Tuang santan encer ke dalam tumisan. Aduk sesekali dan masak hingga mendidih.
- Masukkan ayam bakar,  teruskan memasak dengan api kecil.
- Tuang santan kental, terus masak dengan api kecil sampai kuahnya menjadi kental dan bumbu meresap. Masukkan cabe rawit. Test rasa.
- Angkat

Ayam lodho ini konon lebih enak bila disimpan semalaman dan dipanaskan lagi keesokan harinya. Tapi kalau langsung dinikmati juga sah-sah aja ya. Lebih nikmat bila dinikmati dengan nasi uduk dan tentu saja dengan urap-urap. Kali ini aku cukup menikmati dengan nasi putih biasa. Tetap enaaak.



Pelengkapnya tempe goreng tepung ya, itu lauk wajib yang ada di meja makanku karena semua suka ^_^.