Wednesday, June 20, 2012
Berlangganan

IKAN SALE MASAK SANTAN

IKAN SALE MASAK SANTAN - Hallo sahabat Resep, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul IKAN SALE MASAK SANTAN, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Daily Menu, Artikel Fish, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : IKAN SALE MASAK SANTAN
link : IKAN SALE MASAK SANTAN

Baca juga


IKAN SALE MASAK SANTAN


Jangan bosan ya kalau lagi-lagi postingan tentang ikan yang dimasak santan. Ini favorit suamiku sih ^_^ Kali ini aku memakai ikan sale kiriman dari sahabat di Sumatra sana. Ikan sale sendiri adalah ikan yang diasap, namun berbeda dengan ikan asap yang ada di daerahku. Ikan sale atau ikan asap ala Pekanbaru ini tekturnya lebih kering, jadi mirip dengan ikan asin tapi rasanya tidak asin sama sekali serta aroma asapnya kuat sekali. Hmmm....looks so yummy kan.

Untuk yang belum tau ikan sale, niy...seperti ini bentuknya

Yang atas dan berwarna hitam itu ikan sale patin, sedangkan yang bawah berwarna coklat adalah ikan sale lele. Kebalik gak yah? xixixixixi. Mohon maaf kalo kebalik ya, hampir mirip-mirip sih >.<

Ikan sale masak santan sendiri, memakai jurus ilmu kira-kira aja. Alhamdulillah cocok dengan selera suamiku, soalnya minta dibuatkan lagi lho. Sebenarnya bumbu-bumbu dan pelengkapnya mirip dengan Mangut Ikan Tongkol yang sudah kuposting beberapa waktu yang lalu. Tapi tentu saja tetap ada perbedaannya. Berikut ini adalah resepnya ya...

IKAN SALE MASAK SANTAN
by Nina

Bahan :
10 ekor ikan sale (bisa pakai sale lele atau sale patin ya) ---> versiku direndam air sebentar saja
1 kotak tahu, potong-potong dan goreng sebentar hingga berkulit
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1 ruas lengkuas, geprek
4 cabe hijau, iris serong
10 cabe rawit utuh
800 ml santan
2 sdt garam (atau sesuai selera)
1 sdm gula pasir (atau sesuai selera)
1/2 sdt merica bubuk
1 buah tomat, potong-potong
minyak untuk menumis

Bumbu Halus :
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih
3 butir kemiri bakar
2 cm kencur
3 cabe merah 
3 cabe rawit

Cara Membuat :
- Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan daun salam, daun jeruk dan lengkuas. Aduk rata.
- Masukkan cabe hijau kemudian tuang santan sedikit demi sedikit sambil terus diaduk perlahan.
- Masukkan tahu, bumbui dengan garam, gula pasir dan merica.
- Masukkan ikan sale, aduk perlahan dan masak hingga mendidih. Test rasa
- Masukkan cabe rawit dan tomat, masak kembali sebentar.
- Angkat dan siap disajikan.

Note :
setelah ikan dimasukkan jangan dimasak terlalu lama ya, karena ikan akan hancur

Dinikmati dengan nasi hangat dan kerupuk...nikmat sangat. Alhamdulillah. Untuk sayurnya kemarin aku bikin sayur asem, gak nyambung ya? Soalnya anak-anak suka sayur asem  ^_^
Menurut sahabatku, ikan sale ini cocok juga lho bila dimasukkan ke dalam gulai daun singkong. Jadi pengen nyobain juga, karena aku suka banget gulai daun singkong.