Thursday, January 5, 2012
Berlangganan

OPOR AYAM BAKAR

OPOR AYAM BAKAR - Hallo sahabat Resep, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul OPOR AYAM BAKAR, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Ayam, Artikel Daily Menu, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : OPOR AYAM BAKAR
link : OPOR AYAM BAKAR

Baca juga


OPOR AYAM BAKAR


Ini diaaa...opor ayam bakar yang tadi dijodohkan dengan sambe goreng hihihi. Sebenarnya ini opor ayam biasa, bumbunya juga sama dengan opor ayam yang biasa kubuat. Yang bikin beda adalah, sebelum dimasukkan, ayamnya dibakar terlebih dahulu. Tuh..keliatan kan bakarannya. Sekilas nyontek menu ayam lodho ya, kan dibakar juga ayamnya, namun ayam lodho yang khas Trenggalek itu super pedas. Tadinya emang niat pengen ayam lodho, tapi kasian anakku gak bisa makannya karena terlalu pedas. Jadi bikin opor ayam bakar aja, kebetulan memang anakku suka banget ama opor.

Opor ayam lebih enak jika menggunakan ayam kampung, naah..tadi tukang sayur gak bawa ayam kampung, mau ke pasar kok ya udah keburu-buru banget, ya udah pakai ayam potong aja deh. Aku bikinnya sedikit aja pakai 1/2 ayam, eh...ternyata emang cukup buat maksi aja hahahah. Laris manis ceritanya. Opor ayam bakar ini kubuat yang versi kental ya, kalau lebih suka opor ayam yang lebih encer juga enak kok. Silahkan menambah sedikit air jika menginginkan kuah opor yang lebih encer. Here's the recipe ya..

OPOR AYAM BAKAR

Bahan:
500 gr ayam potong sesuai selera
1 sdm air jeruk nipis
1 sdt garam
2 lembar daun jeruk
1 lembar daun salam
1 cm lengkuas memarkan
1 batang serai memarkan
400 ml santan encer
200 ml santan kental
garam dan gula secukupnya
minyak untuk menumis

Bumbu Halus:
5 bawang putih
3 bawang merah
3 butir kemiri sangrai
1 cm jahe
2 cm kunyit
1 1/2 sdt garam

Cara Membuat:
Lumuri ayam dengan air jeruk nipis, diamkan sejenak, cuci bersih kembali.
Taburkan garam pada ayam, remas-remas dan diamkan sejenak.
Bakar ayam hingga agak kering, sisihkan.
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, masukkan ayam bakar, aduk hingga rata.
Tuang santan encer, masak hingga mendidih dan santan menyusut.
Tuang santan kental, bumbui dengan garam dan gula hingga rasanya pas. Masak sebentar hingga santan mendidih kembali.
Matikan api, angkat dan sajikan dengan taburan bawang goreng.


Mantaaap deh, suka banget ama sensasi ayam bakarnya. Anakku aja sekali makan bisa 2 potong lho, jadi nyesel tadi bikin cuma sedikit aja. Dinikmati dengan lontong, oke banget nih, tapi lebih diencerin lagi ya kuahnya. 


Dijodohkan dengan sambel goreng...pas banget. Eits...jangan lupa kerupuuuk ^_^
Happy cooking ya